Sabtu, 18 April 2009

Kosmetik ala muslimah


Tip merawat tubuh bagi muslimah VS Make-Up alamiah

Merawat tubuh merupakan salah satu cara mensyukuri karunia ALLAH. Di antaranya dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman? Dengan kebersihan dan kesehatan yang terjaga, tentu akan menunjang aktivitas dakwah kita.
Tips-tips merawt tubuh bagi muslimah:
1. Bersihkan wajah secara teratur setiap pagi dan malam hari.
Gunakan pembersih sesuai dengan jenis kulit. Pakailah toner untuk mengangkat sisa kotoran sekaligus mengembalikan kesegaran kulit.
Pilihlah sabun muka dengan PH balance dan sesuaikan dengan jenis kulit.
Seminggu sekali, gunakan scrub dan masker wajah sesuai dengan jenis kulit untuk menghaluskan dan melembutkan kulit wajah.

2. Saat tidak ada nonmuhrim dirumah, bukalah jilbab. berilah kebebasan pada rambut untuk bernapas. Biarkan tergerai tanpa ikatan.
Rajinlah keramas dengan shampoo yang cocok dengan jenis rambut.
Gunakan hair tonic untuk mencegah kerontokan rambut.
Hindari mengikat rambut terlalu kencang karena dapat merusak rambut.

3. Sayangilah mata anda dengan mengistirahatkan sesaat ketika lelah menghadap komputer, membaca buku (aamin) atau menonton televisi (tuh kan, senyum2 deh kalo dah denger TV).
Kompreslah dengan air dingin untuk meredakan ketegangan otot mata agar tidak kering dan iritasi.

4. Kenakan sepatu yang ukurannya pas untuk menghindari kapalan. Gantilah kaos kaki setiap hari agar tidak menimbulkan bau.
Jangan lupa memotong kuku kaki seminggu sekali dan gunakan sikat kaki (jangan waktu nyuci sikatnya) untuk meluruhkan sel kulit mati setiap kali mandi.

5. Gantilah jilbab sehari sekali.
Maksimal penggunaan jilbab sebanyak dua kali. jika dipakai seharian penuh untuk beraktivitas sebaiknya diganti.
Jangan memakai jilbab yang menyerap panas matahari di siang hari, seperti warna hitam/gelap.
Jangan memakai jilbab di saat rambut masih basah dan usahakan tidak mengenakan jilbab dengan lapisan yang terlalu tebal

6. Lakukanlah olahraga minimal 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan, seperti jogging, jalan kaki, lompat tali, berenang, bersepeda, dll. Dengan olahraga, tubuh lebih bugar, pikiran segar dan terhindar dari stress (aamin).

7. Makanlah makanan yang menyehatkan.
Makanan yang sehat dapat membuat badan sehat dan mencerahkan wajah. Selain itu, kita pun akan lebih produktif dan berenergi.
Hindari junk food!!!
Yang paling penting, jangan ga sarapan pagi!!! karena walaupun sedikit, tapi sarapan pagi itu sangat penting dan besar pengaruhnya bagi kesehatan tubuh.

8. Jangan melupakan kecantikan dan kesehatan hati.
Jagalah kesucian dengan menjaga wudhu, memperbanyak shalat malam dan berdoa.

"Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai keindahan". Jadi boleh saja kamu merawat tubuh kamu. Asal jangan terlalu berlebihan sampai-sampai kamu bertabarruj.

Kosmetik adalah kata serapan yang berasal dari bahasa Yunani kuno. Kosmetikus, artinya, upaya untuk memperindah tubuh manusia secara keseluruhan, mulai dari rambut, mata, bibir, kulit sampai ke kuku. Tujuan dari upaya ini adalah tercapainya bentuk proporsi warna dan kehalusan bagian-bagian tubuh yang ideal. Untuk mencapai tujuan ini, maka bermuncullah produk-produk kosmetik. Kalau kamu yang ingin serba instant biasanya memakai kosmetik racikan pabrik. Nah, terhadap yang satu ini, kamu kudu hati-hati. Karena memakai kosmetik yang mengandung bahan pengawet kimia bisa menimbulkan masalah, seperti alergi atau keracunan. Kalau kamu mau cari aman, lebih baik memakai kosmetik yang alami, lagian, lebih terjamin kehalalnya karena nggak tercampur dengan bahan hewani yang dari babi atau alkohol.

Allah SWT sudah menciptakan alam dan sejenisny untuk kesejahteraan manusia. Dari sekian banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang diciptakan oleh Allah SWT ada juga yang berkhasiat untuk kecantikan kulit kamu. Vitamin, lemak nabati, protein, mineral dan pigmen tertentu dalam bahan-bahan alami tersebut memberi andil besar dalam menjaga kesehatan, kelembutan dan kesegaran kulit.

Kecenderungan ini muncul lantaran bahan alami tersebut dianggap lebih berkhasiat dan lebih aman, karena efek samping yang ditimbulkan relatif kecil bagi kesehatan kulit. Selain itu, pemberian bahan alami langsung ke kulit seseorang dianggap lebih efektif ketimbang lewat makanan atau minuman. Namun kosmetik alami ini ada kekurangannya juga, lho! yaitu kamu harus menghabiskannya saat itu juga. Jika tidak, maka ramuan tersebut akan mengeluarkan bau tidak enak dan diduga tidak berkhasiat lagi.

Alpukat
Masker alpukat sangat cocok untuk konsumsi kulit normal dan kering. Kadar lemaknya yang tinggi dapat melembabkan kulit dan melindungi kulit dari pengaruh sinar matahari.
Wortel
Wortel terkenal kaya vitamin A. Vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan jaringan epitel (jaringan yang ada di permukaan kulit). Pada sayuran ini juga terdapat karoten yang berfungsi menjaga kelembaban kulit, memperlambat timbulnya kerutan pada wajah dan membuat wajah tampak selalu berseri.
Mentimun
Khasiatnya adalah menghaluskan dan melemaskan kulit, membantu meringkaskan pori-pori dan mengeluarkan kotoran dari kulit. Dengan demikian timbulnya jerawat dapat dicegah.
Tomat
Berkhasiat mengembalikan keseimbangan untuk minyak pada kulit berminyak, sehingga wajah selalu segar dan alami.

Putih telur
Bermanfaat menyempitkan lubang pori-pori yang ada di kulit wajah.
Nenas
Mengandung zat yang berfungsi meringkaskan pori-pori sehingga kulit tampak halus>
Kentang
Mengandung zat tepung yang sangat berguna menghaluskan kulit wajah.

Kenali Jenis Kulitmu
Biarpun begitu cara pemakaian masker alami tersebut ada aturan-aturan yang harus dilaksanakan. Tidak asal begitu saja memakai, harus tahu dulu apa jenis kulit kamu.
Ada beberapa pedoman untuk mengetahui jenis kulit :

(1) Jenis kulit berminyak
Ciri kulit ini, disekitar dahi, hidung, dagu (istilahnya daerah T) serta pipi di bagian bawah tulang pipi terus menerus mengeluarkan minyak. Dan pada umumnya kulit berminyak mudah ditumbuhi jerawat.

(2) Jenis kulit kering
Kulit wajah kering, cirinya berwarna kusam atau tidak mengkilap. Kadang-kadang kulit rasanya menegang (tertarik), disamping itu bersisik dan terasa gatal. Keadaan pori-pori kulit sering tampak layu dan kasar serta keriput. Sehingga orang yang kulit mukanya kering seakan-akan tampak lebih tua dari umur sebenarnya.

(3) Jenis kulit normal
Diantara dua jenis kulit tadi, yang paling ideal adalah jenis kulit normal. Kulit jenis ini tidak berminyak dan juga tidak kering. Memiliki tekstur yang halus dan bila disentuh terasa lembut. Keadaan kulitnya seoalah transparan sehingga memancarkan sinar yang lembut.
Setelah mengetahui apa jenis kulit kita selanjutnya kamu dapat menentukan pilihan masker mana yang sekiranya cocok untuk kulit kamu.

Masker untuk jenis kulit berminyak
Masker putih telur
Bahannya :
- empat butir telur (diambil putihnya saja)
- setengah sendok teh air jeruk nipis
- setengah sendok teh madu
- kocok putih telur sampai berwarna putih kaku, kemudian masukan jeruk nipis serta madu. Oleskan pada wajah kurang lebih 10 menit sampai mengering. Setelah itu cuci muka dengan air hangat dan bilaslah dengan air dingin.
Masker Tomat
Bahannya :
- sebuah tomat masak yang sedang
- tiga sendok makan tepung maezena
- kupas kulit tomat kemudian haluskan, lalu campur dengan tepung maezena sampai rata. Bubuhkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Cara membersihkan dengan mencuci wajah sampai bersih dengan air hangat>

Masker untuk jenis kulit kering
Masker Alpokat
Bahannya :
- satu buah alpokat
- sebutir kuning telur
- madu 5 tetes
- haluskan alpukat lalu campur dengan kuning telur dan madu. Oleskan pada wajah, biarkan mengering kira-kira 15 menit. Untuk memberihkan masker dari wajah, basuh dengan air hangat kemudian keringkan wajah anda dengan handuk yang basah.
Masker Pisang
Bahannya :
- satu buah pisang yang sudah masak
- satu butir kuning telur
- haluskan pisang hijau lalu campur dengan kuning telur sampai rata. Lulurkan pada wajah dan biarkan sampai kering. Bersihkan wajah dengan air hangat kemudian bilas dnegan air dingin.
Masker Susu
Bahannya :
- dua sendok makan susu bubuk
- satu sendok teh asam borat (boric acid)
- lima tetes minyak zaitun atau minyak bayi
- campur dan aduk susu, boric acid, minyak zaitun smapai rata. Lulurkan ke seluruh bagian wajah sampai leher, kemudian biarkan sampai mengering. Bilas wajah dengan air dingin dan bersihkan wajah dengan menggunakan sabun bayi.

Masker untuk jenis kulit normal
Masker Madu
Bahannya :
- dua sendok makan madu
- oleskan pada wajah sambil menunggu kering, tepuk-tepuk wajah dengan ujung-ujung jari supaya sirkulasi darah di wajah lancar. Cara membersihkannya dengan membasuk wajah dengan air hangat.
Masker Wortel
Bahannya :
- satu buah wortel
- satu sendok teh madu
- parut wortel lalu campur madu sampai rata. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering kira-kira 10 menit. Basuh wajah dengan air dingin.
Masker Telur
Bahannya :
- satu butir telur
- lima tetes madu
- campurkan telur dan madu sampai rata, kemudian oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit, cara membersihkan dengan air hangat. (Sarah)

Buah-buahan selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh kita, ternyata buah mempunyai kelebihan yang sangat bermanfaat. Buah- buhan ternyata juga bisa membuat wajah kita menjadi cantik secara alami. Berikut beberapa buah yang dapat mempercantik wajah anda.

* Buah Apel.
Buah apel ini cocok di gunakan untuk wajah anda yang berminyak. Caranya ambil 1 buah apel, kemudian potong-potong dan masukan ke dalam blender. Blender apel sampai halus tanpa menggunakan air. Setelah di blender balurkan secara merata pada wajah anda. sebelum membalurkan sebaiknya bersihkan dahulu wajah anda. setelah di balur diamkan selama 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air hangat dan air dingin untuk meringkaskan pori-pori. Lakukanlah seminggu sekali.

* Kulit Jeruk.
Selain buahnya yang enak di makan, ternyata kulit jeruk bisa bermanfaat untuk wajah anda. Terutama untuk wajah anda yang kusam. Caranya tusuk-tusuk kulit jeruk denga garpu, kemudian masukan kulit jeruk ke dalam air hangat dan rendam selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah di bersihkan kemudian keringkan dengan handuk. Berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati.

* Buah Pepaya.
Pepaya bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit anda, haluskan pepaya yang ranum kemudian campurkan 1 sendok madu. Oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Pepaya ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut di wajah. Jika ingin hasil yang maksimal gunakan seminggu sekali.

* Buah Melon.
Melon dapat mendinginkan kulit anda yang terbakar matahari. Iris tipis melon lalu kompreskan selama 20 menit pada wajah anda yang telah di bersihkan, lalu bilas. Buah melon ini mengandung zat astrigent yang bermanfaat sebagi tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar karena matahari.

Dengan buah-buahan ini semoga bisa bermanfaat dan menjadikan wajah anda segar dan cantik alami tanpa menggunakan obat kecantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar