Kamis, 26 Juli 2012

THRUS PADA BAYI

THRUSH PADA BAYI


Bayi saya memiliki bercak putih di bagian dalam pipinya. Apa ini biasa?
Ini bisa menjadi infeksi jamur umum dan berbahaya yang dikenal sebagai thrush. Thrush tampak seperti keju cottage atau dadih susu di atap, samping, dan kadang-kadang di lidah dari mulut bayi. Itu yang paling umum pada bayi 2 bulan dan lebih muda, tetapi dapat muncul pada bayi yang lebih tua juga.

Apa yang menyebabkan sariawan?
Jamur adalah bagian normal dari sistem pencernaan setiap orang, tapi ketika ada ketidakseimbangan, infeksi set masuk kedalam tubuh. Kebanyakan thrust yang terjadi pada bayi pertama kali datang disebabkan karena kontak dengan jamur saat mereka pertama kali lahir melalui jalan lahir. Thrush dapat berkembang ketika perubahan hormonal setelah terpapar bahan yang memicu pertumbuhan berlebih dari jamur dalam mulut bayi Anda.

Setelah bayi Anda lahir, antibiotik yang diambil oleh Anda (jika Anda menyusui) atau bayi Anda dapat memicu kasus sariawan. Itu karena antibiotik membunuh bakteri "baik" yang melindungi bayi Anda dari jamur.

Beberapa ibu dan bayi menularkan infeksi secara bolak-balik (efek bola pimpong): Bayi Anda dapat menularkan sariawan pada Anda pada saat Anda sedang menyusui, hal ini mengakibatkan infeksi jamur menular dan menyebabkan sakit pada puting susu Anda sehingga akan membutuhkan perawatan dokter. Dan Anda dapat memicu timbulnya kasus thrush pada bayi Anda jika Anda sedang menyusui dan Anda sedang menderita infeksi jamur pada puting susu Anda karena minum antibiotik. Di sisi lain, beberapa ibu tetap tidak terinfeksi bahkan saat menyusui bayi yang sedang menderita sariawan - dan beberapa bayi ASI tidak terpengaruh oleh infeksi jamur yang berada pada puting susu ibu mereka.

Beberapa orang berpikir sariawan juga bisa disebabkan oleh mengisap berkepanjangan pada botol atau dot. Dipikirkan oleh orang lain bahwa kebersihan yang buruk dari puting susu botol yang harus disalahkan. Tapi ternyata bayi yang menyusui secara eksklusif dan tidak menggunakan dot juga bisa mendapatkannya, jadi sulit untuk menentukan satu penyebab utamanya. Beberapa bayi (dan beberapa ibu) hanya lebih rentan daripada orang lain untuk satu jenis jamur.

Bagaimana bisa saya tahu pasti bahwa itu sariawan atau bukan?
Jika Anda berpikir bahwa bayi Anda telah sariawan, maka sebaiknya segera cari bercak putih yang khas. Kemudian dengan lembut sentuhlah patch dengan jari yang tertutup kain kasa. Jika sariawan, mungkin Anda akan merasakan kemudahan dalam membersihkannya, tetapi jika tidak, Anda akan menemukan area, mentah merah di bawah bercak putih yang mungkin bisa berdarah.

Jika Anda melihat lapisan putih di lidah bayi Anda, tetapi di tempat lain Anda juga menemukannya, itu mungkin hanya susu residu (terutama jika Anda bisa menghapusnya). patch Thrush dapat muncul pada lidah bayi Anda, tetapi yang paling sering ditemukan pada sisi mulut. Bintik ini dapat menyakitkan - Anda mungkin dapat mulai mencurigai adanya sariawan jika bayi Anda mulai menangis ketika menyusui atau mengisap dot atau botol.

(untuk mendapat informasi lengkap tentang seputar penyakit dan luka pada bayi dan anak, anda bisa melihat di buku sumber dibawah ini)

sumber :
marmi, 2011, a-z panduan sakit dan luka pada anak, pustaka pelajar, yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar